Pentingnya Oli Pada Motor & Kamu Harus Tau | ROBYDRIVER.COM

ROBYDRIVER.COM – Halo Brosis Sedulur RobyDriver, RD ucapan selamat datang buat Brosis yang mungkin baru pertama kali masuk di warung ini , semoga mendapatkan informasi yang bermanfaat , untuk mendapatkan informasi dari warung ini bisa isi form langganan di bawah yak, Gratis kog. BTW sekarang ini RD mau ajakin Brosis buat bahas yang ringan-ringan aja nih, yup pentingnya Oli pada sepeda motor. Berikut penjelasannya.

Pentingnya Oli Mesin Pada Sepeda Motor
Oli atau pelumas punya peran penting dalam sistem kerja mesin sepeda motor. Selain berfungsi melumasi komponen untuk mengurangi gesekan, juga punya fungsi penting lain agar komponen-komponen bagian dalam mesin bisa terlindungi dan lebih awet.Beberapa fungsi penting tersebut diantaranya :

Pendingin

Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Ketika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna.

Membersihkan Komponen

Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran. Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin. Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

Menghaluskan Suara Mesin

Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus.Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakaiataukarena spesifikasi oli yang digunakan tak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

Menghindari Korosi

Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi.


Terdapat 2 jenis oli pada sepeda motor, yaitu JASO MA untuk kopling basah pada motor sport dan cub, dan JASO MB untuk kopling kering pada motor matic. Selain itu, perlu diperhatikan standard SAE yang menentukan kekentalan oli dan juga klasifikasi API yang menentukan kualitas serta tingkat performa oli mesin sehingga spesifikasi oli yang dipilih sesuai dengan jenis sepeda motor yang Anda miliki.

Konsumsi oli mesin sepeda motor berbeda tergantung dengan penggunaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan tinggi permukaan oli mesin secara berkala. Berikut langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pengecekan oli mesin sepeda motor:

1. Posisikan sepeda motor pada posisi tegak
2. Hidupkan mesin dalam keadaan stasioner selama 3-5 menit
3. Matikan mesin dan diamkan selama 2-3 menit
4. Lap dengan kain bersih disekitar tutup oli untuk mencegah kotoran masuk kedalam mesin saat tutup dibuka
5. Buka tutup oli dan bersihkan tangkai pengukurnya dengan kain
6. Masukan kembali tutup oli tanpa di sekrup
7. Angkat tutup oli dan periksa tingkat volume oli.


Tidak hanya pemeriksaan oli, penggantian oli juga perlu dilakukan tergantung dari jenis dan intensitas penggunaan motor. Informasi detail mengenai waktu penggantian oli dan spesifikasi jenis oli yang sesuai dapat dilihat pada buku pedoman pemilik. Untuk mendapatkan perawatan sepeda motor Honda terbaik, bawalah motor ke bengkel resmi untuk pengecekan dan perawatan motor Brosis.

Oke Brosis itulah beberapa poin penting fungsi dari oli pada mesin motor, semoga bermanfaat dan semoga harimu menyenangkan šŸ¤©.

Salam RD.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.