Kreatif!!! Begini Cara Gen Z Kampanyekan Keselamatan Berkendara bersama Yayasan AHM





Jakarta – Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengampanyekan keselamatan berkendara bagi generasi muda produktif melalui rangkaian kegiatan kelas inspirasi dan berbagai lomba kreatif bertajuk “Gen Z: Ride for Life”. Beragam kegiatan kreatif dari pembuatan video hingga menjadi komika dirangkai secara menarik untuk mengajak anak muda mengenal lebih dekat ilmu keselamatan berkendara sekaligus turut menyuarakan kepeduliannya terhadap keamanan dan kenyamanan berkendara di Indonesia.



Program ini dibuka dengan kelas inspirasi dari Instruktur Safety Riding AHM pada Kamis (10/11) bekerjasama dengan Fakultas Komunikasi Kalbis Institute. Kegiatan hari pertama ini membahas ilmu dasar keselamatan berkendara dan prediksi bahaya secara teori dan praktek, memanfaatkan simulator Honda Riding Trainer (HRT). Kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian kelas inspirasi dengan mengangkat berbagai tema yang menarik bagi anak muda. Berbagai kegiatan menarik digelar seperti membuat film dokumenter menggunakan ponsel pintar, belajar menjalin relasi bersama komunitas yang memperkuat kemampuan komunikasi dalam menyampaikan pesan peduli keselamatan berkendara, serta belajar public speaking ala komika sebagai upaya menyampaikan pesan keselamatan berkendara secara ringan khas anak muda.



Sebagai ajang yang menantang ide dan kreativitas, pelajar dan masyarakat umum dapat mengikuti lomba kreativitas pembuatan video dengan tema “Ride for Life”. Melalui tema ini, para content creator ditantang untuk membuat film dokumenter berdurasi satu hingga tiga menit. Ajang ini juga hadir dengan program lomba video pendek untuk media sosial TikTok yang memberikan gambaran seorang pengendara sepeda motor yang mengutamakan keselamatan di jalan raya. Peserta dapat mengikuti lomba pembuatan film video dengan memanfaatkan ponsel pintar. Selain itu, lomba kreativitas lainnya juga dibuka untuk umum untuk pembuatan poster Meme yang mengangkat keseruan berkendara sehari-hari.



Rangkaian kegiatan juga mengundang para komedian untuk lomba open mic battle dengan mengangkat isu keselamatan berkendara di Indonesia. Berbagai informasi kelas inspirasi dan berbagai ajang lomba yang dibuka hingga Januari 2023. Seluruh rangkaian lomba dan kelas inspirasi dapat diakses melalui media sosial @yayasanahm, @retorikalbis2023 dan YouTube Sahabat Satu Hati. Program ini menyiapkan total hadiah sebesar Rp. 47.850.000 untuk para pemenang.



Wakil Ketua Yayasan AHM Gede Eka Dharmika mengatakan keselamatan berkendara merupakan salah satu komitmen penting yayasan untuk mendukung terciptanya pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan untuk semua pengguna jalan. Berbagai upaya dan pengembangan sarana dikembangkan sesuai segmen masyarakat, termasuk anak muda dengan pendekatan kekinian yang menyenangkan dan mudah dipahami.



“Keselamatan berkendara ini tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, namun butuh upaya bersama sebagai kesadaran kolektif yang diharapkan membuat seluruh pengguna jalan memiliki rasa aman dan nyaman baik saat berkendara ataupun berjalan kaki. Yayasan AHM mengajak generasi muda untuk turut serta membangun kepedulian keselamatan berkendara melalui cara yang kekinian dan menyenangkan untuk menjangkau berbagai lapisan umur masyarakat di seluruh Indonesia” ujar Gede.



Pada tahun 2022, Yayasan AHM secara konsisten terus mengembangkan berbagai program yang mendukung hadirnya keselamatan dan kenyamanan berkendara di Indonesia melalui beragam program, seperti mengembangkan Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali Mandara. Pada bulan lalu, Yayasan AHM juga meresmikan Wisata Edukasi Satu Hati di Safety Riding Lab Astra Honda yang akan dijalankan di seluruh Safety Riding Lab binaan. Sebelum di Bali, Yayasan AHM telah meresmikan Safety Riding Lab di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada tahun 2017. Setahun kemudian, dibangun Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes, Banten, diikuti SMK PABA Binjai, Sumatera Utara dan Safety Riding Lab SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version