Perdana di Jawa Tengah, Astra Motor Jateng Resmikan AHASS Teaching Factory (TEFA) di Boyolali 

ROBYDRIVER.COM – Assalamualaikum waruhmatulahhi wabarukatu Halo Brosis sedulur RobyDriver, semakin kesini semakin tinggi kepedulian Astra Motor terhadap pendidikan, seperti yang akan RD sampaikan sekarang ini.

Boyolali – Tepat 29 Desember 2022 kemarin, Main Dealer Astra Motor Jateng melakukan peresmian AHASS Teaching Factory (TEFA) di salah satu SMK binaan AHM sebagai wujud kepedulian dan komitmen tinggi didunia Vokasi. Bekerjasama dengan bengkel AHASS Kurnia Motor Karanggede, pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor ini mulai diimplementasikan di SMK Negeri 1 Wonosegoro Boyolali sebagai SMK yang menjadi Pos AHASS TEFA pertama di Jawa Tengah. Event ini hadir dengan menerima langsung sejumlah 35 service motor gratis sebagai pengenalan ke masyarakat adanya pos AHASS TEFA baru ini. 

AHASS TEFA sendiri merupakan konsep belajar yang berorientasi pada unit produksi di dalam sekolah untuk mendukung proses belajar para peserta siswa/siswi, tujuannya sendiri agar peserta didik mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terhadap perkembangan dunia industri dan bisnis sepeda motor Honda di Indonesia secara nyata. 

Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Hingga November 2022 Jawa Tengah (Kares Semarang, Pati, Pekalongan dan Surakarta) sudah memiliki 63 SMK Binaan dan telah memiliki 5 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh anak didik SMK Mitra Binaan AHM yang ingin mengikuti UKK Astra Honda. 

Disampaikan langsung oleh Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng bahwa pos AHASS TEFA ini dihadirkan dan dikembangkan dalam rangka membawa suasana industri ke sekolah agar para peserta didik mampu menghasilkan produk berkualitas industri sekaligus menguasai keahlian berdasarkan prosedur dan standar kerja industri yang sesungguhnya. 

“Bisa dikatakan Pos AHASS TEFA ini bentuk pengenalan awal agar generasi muda lebih siap menghadapi industri baik secara pengalaman, pengetahuan, maupun keterampilan yang dikemas secara profesional. Semoga melalui program ini semakin banyak generasi muda unggul yang siap berkompetisi didunia kerja,” ucap Hery. 

AHASS TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK). Grade A+ merupakan standar tertinggi yang ditetapkan AHM untuk SMK Mitra Binaannya dalam memenuhi fasilitas sarana dan prasarana yang meliputi ruang praktik, kelengkapan laboratorium, variasi unit sepeda motor, serta tools dan perlengkapan praktik. Tenaga pengajar atau guru juga disyaratkan memenuhi kompetensi sesuai standar sertifikasi dari AHM. 

Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2, serta fasilitas pendukung lainnya. AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA, demi menjamin kepuasan konsumen. 

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, teknisi AHASS mitra akan memastikan setiap proses pengerjaan dan hasil kerja siswa yang dilakukan di Pos AHASS TEFA. 

Eko Prasetyo selaku Kepala SMKN 1 Wonosegoro menyampaikan ucapan dan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan sehingga sehingga SMKN 1 Wonosegoro ini dapat terpilih sebagai pos AHASS TEFA pertama di Jawa Tengah. 

“Implementasi kinerja budaya industri menjadikan anak didik kami semakin sigap dan cerdas dalam berbisnis serta mengerti bagaimana pelayanan terbaik bagi konsumennya. Pos AHASS TEFA ini sudah berjalan dan siap beroperasi menerima konsumen dengan jam buka 8 pagi sampai dengan 4 sore,” kata Eko. 

Sesuai dengan semangat Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui program pendidikan, Pos AHASS TEFA ini akan hadir secara bertahap di berbagai SMK Mitra Binaan AHM lainnya di Jawa Tengah dan dapat dimanfaatkan juga oleh para konsumen sepeda motor Honda dalam menjaga kualitas sepeda motornya. 

Semoga bermanfaat dan semoga harimu menyenangkan 🤩

Salam RD

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarukatu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.